Sistem pendaftaran domain .id akan dihentikan sementara selama sembilan hari karena peralihan sistem. Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Sigit Widodo menjelaskan penghentian sementara pendaftaran domain .id ini akan dilakukan pada 17 November 2011 pukul 00.00 WIB. Rencananya peralihan sistem ini akan selesai pada 25 November 2011 pukul 24.00 WIB.

Namun, lanjut Sigit, PANDI masih akan memberi kesempatan bagi perusahaan penyedia jasa Internet dan penyedia hosting yang akan menyelesaikan pembayaran bisa dilakukan maksimal pada 16 November 2011 pukul 17.00 WIB. Sementara pendaftaran domain .id sekaligus akses Internet berdomain .id baru bisa dibuka kembali pada 26 November 2011 pada 00.00 WIB.

“Sehingga dalam sembilan hari tersebut, pendaftaran nama domain baru tidak bisa dilakukan,” jelasnya.

Pada Januari 2012 nanti, PANDI akan membuka kesempatan bagi perusahaan yang berniat menjadi registrar. Layanan tersebut terbuka bagi semua perusahaan yang memenuhi persyaratan teknis, administratif, dan finansial.

“Tapi biasanya registrar adalah perusahaan penyedia jasa Internet atau penyedia web hosting,” jelasnya.

Sigit meminta registrar tidak sekadar memasarkan nama domain. Namun, lebih bisa dipasarkan dengan cara paket layanan akses Internet maupun web hosting sehingga bisa menjadi paket premium.

Sumber: tekno.kompas.com